You Are Reading

1

Mengembalikan Boot Loader linux Ubuntu yang hilang

Blank'Cs Minggu, 26 Desember 2010
Terkadang kita menggunakan dua sistem operasi pada PC atau Notebook. Berharap dua atau lebih sistem operasi yang telah terpasang ini dapat berjalan lancar-lancar saja. Namun, kejadian yang tidak kita inginkan sering kali terjadi. biasanya hal ini terjadi pada sistem operasi windows Xp yang terpasang bersama sistem operasi open sourcebya Linux. Hal ini pernah terjadi dengan notebook yang saya miliki. Saat itu saya memasang dua buah sistem operasi yaitu Ubuntu Ultimate 2.1 dan Microsoft Windows Xp SP2. Windows Xp yang saya miliki mengalami kerusakan pada systemnya dan harus diinstal ulang. Namun setelah melakukan instal ulang ternyata boot loadernya hilang.
Untuk hal seperti kita tidak perlu panik. boot loader yang hilang bukan berarti Sistem Operasinya juga hilang. windows Xp hanya menghilangkan boot loader tapi tidak sistem operasinya. Nah, untuk mengembalikan boot loader ada beberapa tahap, yaitu:
1. masukan live CD/DVD ubuntu, tunggu loading hingga masuk ke desktopnya.
2. buka terminal konsole.
3. di terminal konsole ketikan “sudo grub” (tanpa tanda ” ) lalu ENTER.
4. Kemudian ketik “find /boot/grub/stage1″ maka akan muncul petunjuk yang memperlihatkan hardisk yang digunakan untuk grup loading. misal (hd0,1)
5. setelah itu ketikan lagi perintah “root (hd0,1)” lalu ENTER. (hd0,1 bisa saja menjadi hd0,2, 3, 4, 5 atau 6. tergantung dari apa yang diperlihat pada petunjuk diatas).
6. ketikan “setup (hd0)”
7. terakhir ketikan “exit” untuk keluar.
Boot Loading Ubuntu
Boot Loading Ubuntu
Silahkan restart Sistem operasi anda. maka boot loadernya akan kembali seperti awal tanpa merusak sistemnya. Selamat Mencoba Semoga Berhasil!!!

di ambil dari situs aslinya http://komandanrencong.wordpress.com

1 komentar:

Anonim mengatakan...

mantaaaaaapppp...

sukses selalu yal...

by :ayi evhack d'newbie.
CmBh

Posting Komentar

 
Copyright 2010 Blank'Cs