You Are Reading

0

Menginstall program di Ubuntu – Bagian 1

Blank'Cs Jumat, 24 Desember 2010

Halo pada tutorial ini saya akan menjelaskan cara menginstall program di Ubuntu. Sengaja tutorial ini dipecah menjadi tiga bagian soale panjang banget sich icon smile Menginstall program di Ubuntu   Bagian 1 Bagi yang terbiasa menggunakan windows dan pertama kali menggunakan Linux khususnya Ubuntu pasti akan merasa bingung bagaimana cara menginstall program di pinguin ini. Kalo di Windows kita kan tinggal mencari file dengan ekstensi .exe

Biasanya sich file yang digunakan untuk menginstall program di Windows adalah file setup.exe. Lalu kita tinggal klik file tersebut dan klik next-next-next, pokoke next terus tanpa dibaca icon mrgreen Menginstall program di Ubuntu   Bagian 1 Jangan khawatir menginstall program di Ubuntu tidak sulit kok, jadi buang jauh-jauh pikiran itu oke. Kalo kita dihantui pikiran takut terus menerus maka kita tidak akan maju-maju. Wah kok sekarang malah jadi penasihat segala nich icon mrgreen Menginstall program di Ubuntu   Bagian 1.
Pada tutorial pertama ini saya akan menjelaskan cara menginstall program dengan menggunakan synaptic. Sedangkan pada tutorial kedua saya akan menjelaskan cara menginstall program dengan menggunakan terminal dan pada tutorial terakhir saya akan menjelaskan bagaimana cara menginstall program dengan ekstensi .deb, .rpm, .tar.gz, .package, .sh, .bin, dan .exe.

Catatan : tutorial ini saya coba dengan menggunakan Ubuntu Interpid Ibex. Mungkin kamu perlu menyesuaikan apabila menggunakan versi Ubuntu yang lain seperti Kubuntu, atau Xubuntu.

Menginstall program dengan menggunakan synaptic

Berikut ini tutorial langkah demi langkah menginstall program dengan menggunakan synaptic.
  • langkah pertama tentu saja menjalankan synaptic package manager. Kamu dapat menjalankan synaptic package manager dengan memilih menu System->Administration->Synaptic Package Manager. Kalo bingung silahkan lihat gambar dibawah ini.
menu synaptic package manager 300x187 Menginstall program di Ubuntu   Bagian 1
  • Setelah kamu mengklik menu Synaptic Package Manager, Ubuntu akan meminta password kamu untuk menjalankannya. Setelah password berhasil dimasukkan maka kamu dapat melihat tampilan program Synaptic Package Manager seperti gambar dibawah ini.
tampilan synaptic package manager 300x169 Menginstall program di Ubuntu   Bagian 1
  • Langkah berikutnya adalah mencari program yang kamu ingin install. Kamu dapat mengetikkan nama program di kotak search yang akan muncul apabila kamu mengklik tombol search disebelah kanan text box quick search. Pada tutorial ini saya mencoba mencari program deskbar dengan menggunakan text box search dari Synaptic Package Manager.
program deskbar Menginstall program di Ubuntu   Bagian 1
  • Apabila kamu mengklik tombol search maka program Synaptic Package Manager akan menampilkan hasil pencarian dari program deskbar seperti yang ditunjukkan pada gambar dibawah ini.
hasil pencarian deskbar di synaptic package manager 300x169 Menginstall program di Ubuntu   Bagian 1
  • Untuk menginstall program yang kamu inginkan kamu cukup melakukan klik kanan pada paket yang ingin kamu install dan memilih pilihan mark for installation. Setelah kamu selesai memilih package yang ingin kamu install, kamu dapat mengklik tombol apply untuk menginstall program yang ingin kamu install.
Pertanyaan yang biasanya diajukan setelah menginstall program adalah dimana program yang baru saja saya install berada ?. Biasanya Ubuntu akan melakukan update menu secara otomatis ketika suatu program baru terinstall. Kamu dapat menemukan program yang kamu install di salah satu main menu Ubuntu, yaitu Applications atau System. Tergantung program apa yang kamu install. Apabila kamu menginstall program web browser seperti opera, maka kamu dapat menemukan menu opera di menu Applications->Internet.  Atau cara tercepat adalah menjalankan program yang kamu install menggunakan terminal. Misalnya kamu menginstall web browser opera, kamu dapat memanggil opera dengan mengetikkan opera di terminal dan menekan enter. Untuk lebih jelasnya coba perhatikan gambar berikut ini.
menjalankan opera dengan terminal 300x198 Menginstall program di Ubuntu   Bagian 1
Pada waktu kamu menekan tombol enter untuk menjalankan program opera, maka secara otomatis terminal window akan tertutup dan web browser opera akan dijalankan.
Untuk menguninstall program yang kamu install, kamu dapat menggunakan tutorial seperti yang telah dijelaskan diatas. Perbedaannya adalah kamu melakukan klik kanan pada program yang telah diinstall dan memilih mark for removal. Apabila kamu ingin menginstall dan menghapus file program yang kamu install, kamu dapat memilih pilihan mark for complete removal.

di ambil dari situs aslinya http://www.kaplinglinux.com

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright 2010 Blank'Cs