You Are Reading

1

Cara mudah cek Processor, Memory, Harddisk, VGA, dll

Blank'Cs Sabtu, 01 Januari 2011
Tadi pagi ada telpon dari teman yang menanyakan masalah laptop, dia ingin membeli laptop dengan spesifikasi tertentu, kemudian dia menanyakan bagaimana cara mengetahui spesifikasi lengkap untuk mengecek kebenaran dari penawaran penjual?
Sebenarnya untuk melakukan cek spesifikasi komputer/laptop cukup mudah, beberapa langkah dibawah ini dapat dilakukan untuk mengetahuinya.
Ada 2 cara yang dapat dilakukan untuk mengetahui informasi spesifikasi komputer/laptop, diantaranya melalui BIOS atau Sistem Operasi, karena BIOS memberikan informasi yang bersifat debug maka akan sulit untuk menterjemahkan ke bahasa rasional dan terkadang tidak lengkap, jadi kita dapat memilih cara yang kedua yaitu melalui Sistem Operasi, antara lain:
Microsoft Windows:
Untuk sistem operasi Windows dapat dilihat melalui System Properties, dengan cara klik kanan pada 'My Computer' kemudian pilih 'Properties' akan muncul jendela informasi mengenai system secara singkat (atau gunakan kombinasi tombol Window+Break)
Atau dengan menggunakan applikasi bawaan DirectX, dengan cara klik tombol 'Start' kemudian klik 'Run' kemudian ketik perintah 'dxdiag' (tanpa tanda petik) maka akan muncul jendela informasi dari DirectX yang lebih detail tentang jenis/kapasitas dari processor, memory, vga, sound, dll.
Atau juga menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti CPU-Z, TuneUP Utilities, Everest, dll.
Untuk Harddisk dapat dilihat melalui Computer Management, dengan cara klik tombol 'Start' kemudian pilih 'Control Panel' kemudian pilih 'Administrative Tools' kemudian pilih 'Computer Management' lalu pilih 'Disk Management' maka dapat dilihat kapasitas, partisi dan jenis file system dari Harddisk.
note: kemungkinan lokasi atau penamaan akan sedikit berbeda pada versi Windows Vista/7 namun sebenarnya pengertiannya tetap sama.
Linux:
Untuk sistem operasi Linux dapat menggunakan beberapa perintah dibawah ini:
# cat /proc/cpuinfo | Informasi Processor
# cat /proc/meminfo | Informasi Memory
# lshw | Untuk list perangkat keras
# fdisk -l | Informasi Harddisk dan partisi
# lspci | Informasi Controller, PCI, dll
# lspci | grep VGA | Informasi VGA / Display Card
# lspci | grep Eth | Informasi Ethernet Card / NIC / LAN Card
# uname -a | Informasi Kernel dan jenis Processor
eksekusi perintah dapat dilakukan di terminal/konsol, dan harus sebagai root, jika menggunakan Ubuntu dapat ditambahkan perintah sudo untuk mempermudah, mis:
$ sudo lshw
$ sudo cat /proc/cpuinfo
data yang lebih lengkap dapat dilihat disini
semoga membantu

1 komentar:

Jufriadi baginda naposo hrp mengatakan...

thanks ya

Posting Komentar

 
Copyright 2010 Blank'Cs